Senin, 02 Mei 2016

TUMIS CABE HEJO /ASE ala Ricka Erlyani






Udah beberapa hari gak share menu /resep masakan ,lagi malas nulis nulisnya hehee...
Ini masakan saya kemaren ,masih rindu masakan kampung halaman.
Dulu saat saya kecil di daerah saya masih ada tradisi kirim2 makanan ke tetangga dan keluarga dekat mau pun jauh ketika 2-3 hari menjelang lebaran Idul Fitri tiba . menu nya Tumis cabe ijo ,tumis kentang ,lapis daging ,bihun goreng ,dan beberapa tambahan lainnya ,
Yang disebut "TUMIS " dalam bahasa sunda adalah masakan yg dibumbui pke santan dan aneka bumbu lainnya ,tumis kentang = sambel goreng kentang , tumis cabe /ase = cabe ijo berbumbu santan dan ini yang saya buat ,dan tentu takaran dan tambahan bumbu ala saya .
TUMIS CABE HEJO /ASE
ala : Ricka Erlyani

Bahan :
250 gr cabe ijo potong2
5 buah tahu potong2 goreng kering
3 papan petai ,kupas bersih
2 batang serai geprek
2 helai daun jeruk purut biar wangi
1 helai daun salam
100 ml santan kental kara
Gula pasir ,garam sesuai selera
Penyedap rasa bila suka
Bumbu haluskan :
7 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 iris jahe
1 iris laos
2 sdt terasi
1 sdm ketumbar ,boleh ga pake
4 butir kemiri
1 gelas air untuk memblender

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus sampai mendidih ,masukan daun salam ,daun jeruk, garam ,gula, serai aduk2 tambahkan santal kental masak sampai mendidih
Lalu cicipi ,
Masukan cabe ijo ,petai dan tahu goreng ratakan bumbunya
Angkat bila bumbu meresap dan cabe mateng / saya suka setengah mateng cabe dan petainya ,supaya warna nya tetep hijau segar cantik
Dan tidak benyek .
Boleh disajikan masih banyak kuahnya ,boleh dimasak sampai bumbu kental /tidak berkuah.
Selamat mencoba dijamin ketagihan ,harum cabe ijo nya hmmm suedaap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar