Senin, 02 Mei 2016

PASTEL MINI / TEMUSE ISI SAMBAL LENGKONG/ABON IKAN ala Ricka Erlyani






Bismillah
Ini kue TEMUSE kata orang Dabo Singkep atau PASTEL MINI umum menyebutnya .
Karna kue nya kecil2 bikinnya harus ekstra sabar ,jadi urusan membentuk saya serahkan sama ahlinya yaitu suami saya hehee...
Saya hanya bikin resepnya dan mengadon bahan2nya saja
Untuk versi resep asli saya tidak tahu ,belum sempet tanya
Mama mertua yg ahlinya ,beliau keburu ga ada..,ya sudahlah inilah TEMUSE RESEP VERSI SAYA ...yg jelas cukup renyah dan gurih
PASTEL MINI / TEMUSE ISI SAMBAL LENGKONG/ABON IKAN
Resep by : Ricka Erlyani

Bahan:
1 kg tepung terigu
200 gr margarin blueban cairkan
200 ml santan kental tambah 100 ml air lalu panaskan
2 butir telur
Garam secukupnya
Sambel lengkong untuk isian
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
Dalam wadah campurkan tepung terigu dan garam, buat lubang tengah2 ,aduk rata ,lalu masukan telur margarin yang masih agak panas sedikit sampai tercampur rata
Baru siram dengan santan panas sedikit sampai menjadi adonan yang kalis...
Tipiskan dengan Ampia ato rolling pin
Bentuk bulat2 dengan bibir cangkir
Isi dengan sambel lengkong
Lipat tekan pinggirannya sampai rapet lalu pelintir atau pakai cetakan pastel dari plastik, kerjakan sampai selsai
Goreng dengan api kecil sampai kuning mateng
Siap disajikan
Hasilnya kurang lebih 2kg an ,soalnya sambil goreng sambil dimakan juga heheee...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar