Senin, 02 Mei 2016

JENGKOL SAMBEL RANJAU TAUCO ala Ricka Erlyani



Bismillah
Saya penasaran seberapa kuat dan seberapa lama bau jengkol bisa hilang kalau direndam, ternyata pemirsaaaaa.....aah ,lebay dikit nih hehee
Lebih dari 10 hari saya rendam dan cuci trus ganti air baru kadang pakai air beras ....dan ternyata pula.....tidak mau benar2 hilang bau nya masih tetap ada ,walau gak sekuat biasanya,
Yang saya rendam adalah jengkol yg sudah direbus .
Ini saya coba bikin resep baru dari olahan si bandel bau ini hehee...
JENGKOL SAMBEL RANJAU TAUCO
Resep by : Ricka Erlyani

Bahan:
200 gr jengkol rebus potong2
50 gr cabe ijo iris serong
20 biji cabe rawit utuh buang tangkai
1 buah tomat iris2
1 lembar daun jeruk
1 ruas jari jahe geprek
4 butir bawang merah iris
1 siung bawang putih iris
3 sdm tauco
2 sdm kecap manis
1 sdt merica
50 ml air

Cara membuat:
Tumis bawang merah putih ,tomat ,daun jeruk dan jahe sampai harum
Masukan jengkolnya goreng sampai agak kuning ,tambahkan tauco ,kecao dan air ,kasih penyedap rasa bila suka ,dan garam bila perlu
Soalnya tauco cukup asin ,jadi biasanya saya ga gunakan garam lagi
Angkat bila bumbu kuah sudah mendidih .
Bisa tambahkan ikan asin goreng jika ada dicampurkan sebelum diangkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar